Penjelasan Bluetooth dan Inframerah

Labels:

 
Bluetooth dan Inframerah adalah teknologi koneksi jarak pendek yang memerlukan dukungan hardware di perangkat mobile.

Inframerah

Teknologi inframerah adalah penggunaan frekuensi yang lebih rendah dari cahaya untuk tujuan elektronik. Ini membutuhkan belakang dari sentuhan atau kedekatan. Teknologi inframerah yang digunakan terutama di remote televisi dan ponsel anggaran yang rendah. Mereka bekerja melalui sensor dan prosesor dan membutuhkan keduanya untuk menjadi di depan mata satu sama lain. Jika itu tidak dilakukan, teknologi tidak akan bekerja. Ia bekerja lebih pada refleksi dan cermin atau air menyediakan reflektor asli untuk teknologi inframerah. Jarak umum antara pemancar dan reseptor harus kurang dari 10 meter.
 Infra merah dapat dibedakan menjadi tiga daerah yakni:


* Near Infra Merah………………0.75 - 1.5 µm
* Mid Infra Merah..……………...1.50 - 10 µm
* Far Infra Merah……………….10 - 100 µm


Bluetooth

Bluetooth adalah perangkat menggunakan frekuensi radio. Ia bekerja pada sinyal dan akan wajan bahkan jika dibarikade. Jika pemancar dan reseptor berada dalam 30 kaki, ada dapat menjadi bagian dari antar-detail penting seperti video atau lagu. Sekarang, bahkan jam tangan Bluetooth telah datang ke dalam kali lipat. Hal ini sangat mudah untuk menyimpulkan bahwa Bluetooth memiliki keunggulan yang menentukan melalui teknologi inframerah. 

Bluetooth telah dibakukan oleh Kelompok Bluetooth Special Interest (SIG). Untuk perangkat untuk mendukung teknologi Bluetooth, maka harus mengikuti spesifikasi Bluetooth.
Transmisi data melalui koneksi Bluetooth terjadi melalui protokol sendiri teknologi. Karena komunikasi Bluetooth membutuhkan chip Bluetooth di perangkat mobile, aplikasi Anda perlu memeriksa bahwa Bluetooth didukung dan bahwa chip dihidupkan.
Catatan: Ingatlah untuk membawa masalah konsumsi daya ke account user ketika melaksanakan komunikasi Bluetooth dalam aplikasi Anda.
Perangkat berkemampuan Bluetooth dapat memiliki salah satu dari tiga status berikut:
  • Terlihat untuk semua
  • Tersembunyi
  • Lepas
Proses transmisi data melalui sambungan Bluetooth mencakup langkah-langkah berikut:
  • Mencari perangkat terlihat dalam jangkauan.
    Catatan: Anda dapat mencari perangkat Bluetooth didasarkan pada layanan yang tersedia. Dalam konteks ini, layanan istilah menunjukkan fungsionalitas yang disediakan oleh aplikasi Bluetooth diaktifkan.
  • Menyambung ke perangkat yang diinginkan.
    Biasanya, koneksi Bluetooth ditetapkan antara dua perangkat, tetapi juga mungkin bagi perangkat untuk membangun koneksi Bluetooth ganda.
  • Tergantung pada pengaturan aplikasi, menghubungkan mungkin memerlukan otentikasi perangkat menggunakan kunci link.
    Dalam otentikasi pertama, disebut membuat pasangan, perangkat bertukar link mereka kunci, yang kemudian disimpan pada perangkat. Kemudian, otentikasi dilakukan dengan menggunakan program kunci disimpan, dan koneksi dapat dibuat tanpa penemuan perangkat, bahkan jika perangkat remote disembunyikan.
  • Tergantung pada pengaturan aplikasi, menghubungkan mungkin memerlukan prosedur otorisasi, di mana pengguna perangkat mobile perlu menerima permintaan koneksi manual.
    Adalah mungkin bagi pengguna menandai perangkat remote sebagai terpercaya, yang memungkinkan koneksi masa depan langsung tanpa interaksi pengguna.
  • Transfer data melalui koneksi Bluetooth.
  • Tutup koneksi Bluetooth.
Untuk membedakan aplikasi Anda dan memungkinkan perangkat remote untuk menemukannya, dianjurkan bahwa Anda advertize layanan Bluetooth Anda. Sebagai contoh, jika sebuah aplikasi pihak ketiga mengirim data ke aplikasi Anda menggunakan OBEX dan aplikasi Anda tidak berjalan atau layanan periklanan, maka aplikasi lain, misalnya Olahpesan, dapat menerima data sebagai gantinya. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan Bluetooth periklanan, lihat platform S60: Panduan Bluetooth API Developer tersedia di Forum Nokia.
Aplikasi perangkat mobile juga dapat mengatur persyaratan keamanan untuk koneksi ke layanan Bluetooth mereka. Persyaratan menentukan apakah koneksi ke layanan Bluetooth perlu menyertakan otentikasi pengguna atau otorisasi atau enkripsi data. Biasanya, perangkat yang menerima permintaan koneksi menetapkan persyaratan ini. Namun, ini juga mungkin bagi aplikasi memulai untuk mengatur persyaratan keamanan untuk koneksi Bluetooth keluar ketika mendefinisikan link, misalnya saat menghubungkan ke PC.

Perbedaan Bluetooth dan Inframerah

Apa perbedaan sinar Infrared dengan Blue tooth ?


Pertama ,Infrared menggunakan sinar untuk memancarkan sinyal ,seperti tv remote ,sedangkan Blue tooth menggunakan frekuensi radio (RF) (2,4 GHz) untuk membroadcast sinyal.
kedua , Infrared tidak dapat tembus benda yang menghalanginya untuk menjangkau receiver atau butuh pantulan ,karena sifatnya cahaya .Namun Bluetooth dapat menembus benda seperti dinding sejauh tidak memiliki skin depth yang tinggi.

 sumber : http://www.thekip.com/difference-between-infrared-and-bluetooth-technology/
                http://library.developer.nokia.com/topic/S60_5th_Edition_Cpp_Developers_Library/GUID-CBF428DE-D2CF-409E-AB6E-32D13A098B86.html

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

Pages

Powered By Blogger