JARINGAN SEBAGAI PUSAT KEHIDUPAN DI DUNIA

Labels:



JARINGAN SEBAGAI PUSAT KEHIDUPAN DI DUNIA
                                      
TUJUAN
Menggambarkan bagaimana jaringan berdampak pada kehidupan kita.
Menggambarkan bagaimana aturan suatu data dapat mengalir dalam jaringan .
Mengidentifikasi komponen penting dalam jaringan data.
Megidentifikasi peluang dan tantangan jaringan yang konvergen.
Menggambarkan karakteristik sebuah jaringan, yang terdiri dari toleransi kegagalan, skalabilitas, kualitas layanan, dan keamanan.
Menginstall dan menggunakan layanan client IRC & Wiki server

Media komunikasi adalah salah satu layanan yang sering digunakan saat ini. Media komunikasi ada bermacam-macam, misal IM, Wiki, blog, podcasting, dll. IM (Instant Messaging) adalah jenis layanan komunikasi berupa teks antara 2 orang atau lebih. Untuk menggunakan layanan ini diperlukan software IM, contoh software IM adalah Thunderbird, MIRC, dsb. Ada jenis IM yg memiliki fitur tak hanya teks, bisanya disebut dengan Messenger, contoh softwarenya adalah YM, Skype, dsb. Blog merupakan jenis layanan pribadi untuk berbagi informasi atau sesuatu hal. Untuk menggunakan layanan ini kita perlu mendaftar di penyedia jasa blog (domain). Podcasting adalah layanan web yang menyimpan audio, bisanya berisi tentang suatu acara, dan memungkinkan untuk didownload. Setelah data didownload kita memerlukan pemutar audio.

Jaringan juga membantu dalam hal belajar mengajar. Contohnya adalah sistem belajar online, guru/pengajar yang berada di ruangan memaparkan materi kuliah melalui internet, sementara siswa mendengarkan penjelasan melalui PC di rumah. Layanan yang digunakan adalah Remote, dimana PC siswa dapat mengakses materi selama jaringan masih terhubung.

Dahulu, ketika bekerja, karyawan yang kurang jelas mengenai proses pekerjaan bertanya kepada atasannya hanya melalui tatap muka. Cara ini memakan waktu dan biaya yang banyak. Semenjak berkembangnya jaringan, komunikasi dalam bekerja telah berbah pesat. Untuk mengirim data tidak perlu memberikan langsung kepada yang dituju, cukup menggunakan faks. Untuk menghubungi klien tinggal menggunakan telepon. Untuk mengirim uang tinggal menggunakan e-banking.

Hiburan merupakan sesuatu yang dicari-cari, begitu banyak layanan dalam urusan hiburan, contohnya online game, IM, dsb. Untuk komunikasi menggunakan IM, bermain game menggunakan onine game, menonton TV menggunakan streaming.


Aturan Suatu Data Dapat Mengalir Dalam Jaringan
Karakteristik dasar dalam komunikasi ada 3. Pertama, aturan atau perjanjian yang pertama kali dibuat. Kedua, bagian yang penting diulang berkali-kali. Ketiga, variasi dalam berkomunikasi dapat berdampak kepada efektivitas pesan mengalir.

Dalam membuat jaringan kita harus berpacu pada aturan, ini perlu agar data yang kita kirim atau kita terima itu benar-benar data kita dan sampai kepada kita. Aturan disini bersifat tidak terlihat, kita hanya perlu mensetting alat saja.

Ada 4 faktor dalam membangun jaringan. 
1. Alat/device. Device disini berguna untuk komunikasi antar device itu sendiri ataupun yang lain. Device terbagi 2, intermediary device, alat yang hanya untuk dilewati, contoh hub, switch, router, dsb, dan end device, alat tempat terkhir data kita terima, contoh PC, server, laptp, dsb.
2. Media. Media merupakan perantara data mengalir ke device, media ada bermacam-macam, diantaranya
tembaga, fiber, wireless.
3. Pesan. Pesan adalah informasi yang dibawa melalui perantara media, yang dikirim oleh sumber ke tujuan ataupun sebaliknya.
4. Aturan. Aturan ini, berupa bagaimana pesan dapat mengalir ke media dan kembali ke sumber.

Jaringan konvergen adalah jenis jaringan yang dapat membawa suara, data, dan video dalam satu jaringan yang sama. Artinya, setiap device yang terhubung dengan jaringan akan mengaskses datu resource jaringan di dunia ini. Kita menggunakan telepon, untuk mengirim teks, suara, gambar melalui network yang sama dengan orang yang bermain game online di laptop. Begitupun dengan video konferensi, dan lainnya.


Karkteristik Arsitektur Jaringan
Ada 4 karakteristik yang dialamatkan dalam merancang arsitektur jaringan. 
1. toleransi kegagalan. Toleransi kegagalan disini ialah, bagaimana data ketika terjadi kerusakan di media ataupun intermediary device, data tersebut masih tetap dapat dikirim ataupun diterima.
2. Skalabilitas. Skalabilitas disini ialah, bagaimana arsitektur jaringan kita disesuaikan dengan perubahan teknologi kelak. Dalam poin ini ketika kita ingin menyesuaikan arsitektur kita dengan teknologi terbaru kita tidak perlu melakukan replace dan mengubah susunan jaringan lama, cukup dengan menambahkan arsitektur baru dengan yang lama.
3. Kualitas layanan. Kualitas layanan disini, ialah bagaimana agar data yang memang kita perlu dapat tiba dengan cepat dan tentunya berkualitas.
4. Keamanan. Keamanan disini, ialah bagaimana data yang kita kirim ataupun diterima tidak dilihat oleh pihak yang tidak diundang.

Dalam merancang arsitektur jaringan. Kita perlu membuat jalur data yang bercabang diantara semua intermediary device. Ini dikarenakan untuk meminimalisir kegagalan data tidak sampai ke sumber ataupun tujuan. Misal kita memiliki 8 jalur data becabang dengan 5 router. Jika terjadi kerusakan satu jalur, tidak apa-apa. Ketiga terjadi kerusakan 2 jalur, tidak apa-apa. Asalkan jangan sampai data tersebut rusak semua.
Pesan yang kita kirim didalamnya terdapat alamat sumber, alamat tujuan, dan nomor urut. Nomor urut berfungsi untuk memecah pesan yang berukuran besar menjadi segmen yang kecil.

Menerapkan QoS ialah menetapkan prioritas di setiap jenis layanan, agar tidak terjadi data yang diaskses lama di setiap layanan. Contoh, pada jaringan di sebuah bank, biasanya telepon adalah jenis layanan yang tidak bisa didelay, oleh karena itu telepon diset sebagai prioritas rendah. Transaksi finansial biasanya boleh didelay, oleh karena itu diset sebagai prioritas menengah. Dan untuk web adalah layanan yang lumrah unutk delay, oleh karena itu diset sebagai prioritas rendah. Untuk menset ini dilakukan di intermediary device.

Telah kita ketahui, QoS berfungsi untuk memastikan layanan apa yang memang diperlukan. Dikarenakan sekarang adalah jaringan yang konvergen, semua layanan perlu kebutuhan yang sama. Tetapi unutk jenis layana yang memang paling diperlukan perlu diproritaskan lebih utama.

Kualitas layanan sangat perlu untuk digunakan agar data yang memang kita perlu dapat tiba dengan cepat dan berkualitas. Ini bisa kita lihat pada gambar dengan QoS akan kelihatan ada garis dan bisanya berhenti sebelum data dalam keadaan baik, sedangkan gambar QoS kelihatan bersih dan mengalir hingga selesai. Pada bursa transaksi tanpa QoS waktu transaksi tidak akurat begitupun dengan nominal uang, sedangkan dengan QoS waktu dan nominal uang transaksi akurat. Sedangkan untuk save page (prioritsas rendah) tanpa QoS akan lama tapi dengan kualitas yang sama dengan QoS, hanya saja bila dengan QoS downloadnya lebih cepat.

Keamanan dalam jaringan mutlak untuk diprioritaskan, terutama untuk hal-hal yang bersifat komersial.
Contoh, misal ketika kita ingin mentransfer paypal, kita harus menggunakan enkripsi agar transaksi yang kita lakukan dapat aman dari pihak tidak diundang. Keamanan jaringan biasanya menggunakan firewall dan enkripsi, dan biasanya https.

Sesuatu yang dasar untuk memastikan bahwa suatu jaringan itu aman ada tiga faktor. Pertama, kita pastikan dan percaya kita bisa melakukan user autentifikasi dan enkripsi. Kedua, integritas dalam hal tanda pengenal digital. Dan ketiga, memastikan ketersediaan untuk menggunakan firewall, redundansi arsitektur jaringan, hardware tanpa satu titik kegagalan.

IRC (Internet Relay Chat) adalah klien untuk mengakses layanan chat dalam lingkup yang besar. Karena lingkupnya yang besar, maka dibuatlah jangkauan-jangkauan yang kecil, misal kota, provinsi, dsb.
Wiki adalah layanan webblog yang memungkinkan setiap individu tidak hanya melihat tapi juga mengedit halaman tersebut. Untuk IRC, kita harus menginstall software agar bisa menggunakannya.

sumber : http://blog.unsri.ac.id/blu3storm/task/materi-jaringan-komputer-cisco-chapter-1/mrdetail/31692

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

Pages

Powered By Blogger